Rabu, 29 Oktober 2014

Motor Kita Sebaiknya Pakai Premium atau Pertamax ?

Bahan bakar adalah pilihan, yup betul sekali, mau pakai premium, atau pakai pertamax itu adalah pilihan sang raider. namun bagaimanapun juga pemilihan bahan bakar juga merupakan faktor terpenting dalam merawat sepaeda motor , mengapa demikian?, jawabannya adalah karena rasio kompresi. apa sih rasio kompresi itu ? Istilah Kompresi Mesin menjadi salah satu kosa kata di bidang otomotif. Ada yang berpendapat bahwa hal itu menunjukkan perbandingan tekanan udara berbanding bensin/BBM. Atau lebih tepatnya seperti ini perbandingan volume ruang bakar (saat piston berada di puncak atas / titik mati atas) dengan keseluruhan ruang silinder piston (ruang bakar dan ruang kompresi).

Lantas apa hubungannya rasio kompresi dengan jenis BBM  yang harus dikonsumsi? Matematisnya adalah kompresi berhubungan erat dengan bahan bakar yang akan di gunakan dan jika hal itu tidak terpenuhi maka gejala detonasi, ngelitik akan terjadi pada mesin.

Sebagai acuannya adalah sebagai berikut :

1).Semakin besar kompresi maka semakin membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi.
2).Semakin besar nilai oktan maka semakin lambat titik bakarnya.
3).Semakin tinggi oktan yang di pakai melebihi ketentuan besar kompresi motor maka semakin   banyak sisa/kerak bahan bakar yang tidak terbakar dalam silinder atau klep.
4).Semakin besar kompresi motor dan tanpa di ikuti oktan bahan bakarnya maka akan detonasi atau ngelitik.

Sederhananya seperti ini : "jika mesin memiliki rasio kopresi tinggi  maka mesin diharuskan untuk menggunakan bbm beroktan tinggi, namun sebaliknya jika mesin memiliki rasio kompresi rendah maka mesin bisa diberikan bbm dengan oktan rendah"


Lantas motorku sebaiknya pakai premium atau pertamax ?

Mesin motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan Pertamax Plus ber-oktan 95.

Tujuan mesin dibuat dengan perbandingan kompresi tinggi adalah untuk meningkatkan efisiensi (irit bahan bakar) dan menurunkan kadar emisi.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi.


Berikut daftar bahan bakar motor sesuai rasio kompresi :

(YAMAHA)

Vega-R (9.3:1) Premium/pertamax
Vega-ZR (9.3:1)premium/pertamax
Mio (8.8:1) Premium
Jupiter (9.0:1) Premium
F1ZR (7.1:1) Premium
RX-KING (6.9:1) Premium
YT 115 (7.2:1) Premium
RZR (7:01) Premium
Nouvo (8.8:1) Premium
Crypton (9.0 : 1) Premium
Yamaha Alfa (7.2 : 1) Premium
Yamaha RXZ (7.0 : 1) Premium

Jupiter-Z (9.3:1) premium/Pertamax
Jupiter MX-135LC (10.9:1) pertamax/ Pertamax Plus
Scorpio-Z (9.5:1) Pertamax
VIXION (10.4:1) Pertamax/pertamax plus
Majesty 125 (11:01) Pertamax Plus
Scorpio (9.5:1) Pertamax

(SUZUKI)

Satria FU (10.2:1) Pertamax/pertamax plus
Shogun New FL125 Series (9.6 : 1) premium/ Pertamax
Shogun FD125 X (9,5 : 1) premium/ Pertamax
Thunder 125 (9.2 : 1) Premium/Pertamax
Spin 125 (9.6:1) premium/ Pertamax
SkyWave 125 (9.6 :1) premium/Pertamax

(KAWASAKI)

Kawasaki Blitz R  (9.3 : 1) premium/Pertamax
Kawasaki Athlete  (9.8 : 1) Pertamax
Kawasaki Ninja 250cc  (11.5 : 1) Pertamax Plus
Kawasaki KLX 250cc  (11 : 1) Pertamax Plus
Kawasaki Ninja RR 150cc (7.2 : 1) Premium
Kawasaki Kaze (9.3 : 1) premium/ Pertamax

(HONDA)

Honda GL 100  (9.2 : 1) premium/ Pertamax
Honda GL Max  (9.2 : 1 ) premium/Pertamax
Honda GL Pro (9.2 : 1) premium/ Pertamax
Honda Supra 100cc  (8.8 : 1) Premium
Honda Tiger  (9.0 : 1) Premium
Honda old Megapro  (9.0 : 1) Premium
Honda CS-1 (10.7 : 1) pertamax/ Pertamax Plus
Honda Supra PGM FI  (9.0 : 1) Premium
Honda Blade  (9.0 : 1) Premium
Honda Vario (10,7:1) pertamax/ Pertamax Plus
Honda CBR 150 R (11:1)  Pertamax Plus
Honda Beat 125 (9.2 :1) premium/ Pertamax
Honda Scoopy 108 cc (9.2 :1) premium/ Pertamax
Honda Absolute Revo 110 cc (9 : 1) Premium
Honda CB 150 R (11:4) Pertamax plus




 






4 komentar:

Unknown mengatakan...

Ninja 250cc mesti pertamax plus ya? Lucunya, aku sering liat pengendara motor itu ngantri untuk beli Premium di SPBU Pertamina :)))))

Untuk bebek, sepertinya lebih milih Pertalite sebagai alternatif lebih murah dari Pertamax.

Unknown mengatakan...

Kalo motor kompresi besar kita biasa isi dengan standar nya pertamax.
Terus kita isi terus dengan premium, efek ke mesin apa ya..??

Unknown mengatakan...

Ya tenaga jadi kurang bisa merusak komponen lain mas benar lari nya juga berat.

Gilberto Andreas mengatakan...

Apakah untuk revo 110 harus pakai premium biasanya saya lebih sering pakai pertalite, terus efek ke mesin itu sendiri bagaimana?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls